Minggu, 09 Agustus 2009

Kenali Bentuk Tubuh Anda

Seiring dengan bertambahnya usia, biasanya bentuk tubuh Anda semakin ke arah kanan, atau melebar. Hal ini wajar, karena setelah usia 30 tahun metabolisme kita akan melambat.

Bentuk dan berat badan berhubungan, tapi keduanya tidak sama. Anda mewarisi salah satu bentuk tubuh alami, tergantung pada dimanakah pertambahan berat badan Anda cenderung terkonsentrasi, di bagian atas, atau bawah tubuh atau proporsional.

Bentuk tubuh wanita dapat digolongkan ke dalam 3 golongan bentuk, yaitu bentuk apel, dimana sebagian besar penumpukan lemak terjadi di bagian atas tubuh: wajah, leher, dada dan pinggang. Bentuk pear, dimana sebagian besar penumpukan lemak terjadi dibagian bawah dan bentuk proporsional yaitu meratanya penumpukan lemak.

Bagi pria, umumnya hanya berbentuk tubuh apel, sangat jarang ditemukan pria dengan bentuk badan pear, kecuali untuk orang yang sangat berumur atau tingkat hormon laki-lakinya rendah yang diakibatkan oleh penyakit dan pengobatan tertentu.

Penumpukan lemak di bagian atas memiliki resiko kesehatan yang lebih tinggi karena berkaitan erat dengan berbagai penyakit degeneratif seperti diabetes tipe 2, gangguan pada organ hati, kolesterol dan lain-lain serta diduga menjadi pencetus peradangan sel di berbagai jaringan tubuh. Peradangan sel inilah yang oleh para ahli diyakini sebagai akar timbulnya penyakit jantung, asma dan berbagai jenis kanker.



Mengurangi lemak bagian atas ini cukup efektif dengan pengaturan pola makan dan olahraga, hal ini menghasilkan pula manfaat kesehatan yang luar biasa, yakni terhindarnya/ berkurangnya resiko penyakit degeneratif seperti disebut diatas dan peningkatan kesehatan dan lebih bugar.

Bagi anda yang memiliki penumpukan lemak di bagian bawah, hal ini tidak terlalu beresiko dengan penyakit degeneratif, karena itu berkaitan dengan cadangan kalori wanita saat hamil dan menyusui. Namun, jika penumpukan lemak ini terlalu tinggi, maka akan memberikan beban lebih bagi organ kaki dan gangguan persendian dan lutut.

Mengurangi lemak bagian bawah tidak cukup hanya dengan pengaturan pola makan dan olahraga, terutama bagi wanita yang tingkat metabolismenya rendah. Untuk itu harus benar-benar memperhitungkan kecukupan asupan protein untuk mengontrol rasa lapar, dan menyesuaikan kalori yang masuk sehingga dapat turun berat badan dan membentuk tubuh sesuai yang diinginkan.

Beberapa Tips Sukses Dalam ShapeWorks Program:

1. Bagi Anda yang punya riwayat pencernaan yang buruk (maag, kembung dll) dan dalam penurunan berat badan, tambahkan ½ porsi Formula 1 di antara waktu makan anda (sekitar jam 10wib dan 15wib). Minum tabletnya setelah makan normal / setelah minum Formula 1.
2. Jika anda masih merasa lapar dengan program diatas, tambahkan ½ porsi shake sebagai cemilan di antara waktu makan atau pilihlah cemilah yang mengandung banyak protein (BUKAN cemilan karbohidrat atau lemak) misal: susu non fat, susu kedelai, putih telor rebus, tempe, tahu, bubur kacang hijau dll.
3. Program penurunan berat badan ini didasarkan atau 2 hal, yaitu (1) Pengurangan kalori, bukan kelaparan dan (2) kecukupan gizi/nutrisi untuk sel.

Jika Anda dalam tahap penyesuaian dan rasanya selalu lapar, jangan terlalu menahan lapar. Makanlah makanan yang mengenyangkan sekaligus rendah kalori, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan tertentu seperti apel, BUKAN MAKANAN KERING.

4. Bagi anda yang mempunyai riwayat kesehatan pada ginjal dan lever (fungsi hati), konsultasikan ke dokter Anda untuk memastikan berapa jumlah protein dan air yang aman dikonsumsi secara maksimal dalam sehari.

5. Bagi Anda yang telah berusaha mengurangi makan sebelum program ini (baca: diet rendah kalori, mengurangi makan, tidak makan malam dll), jangan berkecil hati JIKA PADA AWALNYA berat badan Anda tidak secepat orang lain, proses pada program ini karena tubuh anda sedang mengisi kekurangan zat gizi dalam sel-sel tubuh Anda dan mengembalikannya ke fungsi yang normal. Tahukah Anda, dengan diet anda yang sebelumnya itu (baca: diet rendah kalori, mengurangi makan, tidak makan malam dll) ANDA JUSTRU membuat sel-sel tubuh Anda ”lapar akan GIZI” dan menurunkan tingkat metabolisme tubuh Anda – dimana hal ini akan MENYULITKAN terjadinya pembakaran kalori.

Oleh sebab itu, PASTIKAN anda mengkonsumsi minimal 2x Shake setiap hari. Hal ini akan memberikan kecukupan gizi & vitamin pada sel-sel tubuh Anda. ShapeWorks Program dirancang untuk memenuhi tingkat kebutuhan gizi anda sehari-hari.

6. Olahraga secara teratur sangat membantu kecepatan turun berat badan anda, dan menjaga metabolisme tetap tinggi. Semakin tinggi tingkat metabolisme tubuh Anda, maka semakin tinggi pula tubuh Anda membakar kalori – dan SEMAKIN cepat menurunkan berat badan.

7. Untuk hasil yang efektif, pilihlah makan siang Anda dengan makanan yang sehat, kaya warna dan usahakan dalam kondisi SEGAR. Mengurangi karbohidrat sederhana seperti gula dan ’racun putih’ lainnya (nasi dan bahan makanan dari tepung putih lain) akan mempercepat penurunan berat badan Anda.

8. Bagi Anda yang telah selesai menjalani Periode Penurunan Berat Badan dan telah mencapai berat badan ideal, pertahankan berat badan anda dengan mengikuti Periode Penguncian Berat Badan – dengan tujuan untuk MEMBIASAKAN porsi makan sesuai dengan kebutuhan metabolisme berat badan Anda yang baru dan hal ini akan membentuk jaringan otot. Jaringan otot ini akan membantu memadatkan rongga-rongga bekas lemak sehingga berat badan mbak tidak akan naik lagi untuk waktu yang lama. inilah kunci keberhasilan ShapeWorks selama 27 tahun terakhir dan sangat sukses di 63 negara.

Waspadailah Hal-Hal Yang Memperlambat Hasil Anda.
Waspadalah… Waspadalah

1. Tidak mengikuti Program Dengan Benar. Disiplinkan diri Anda, ingat terus alasan anda ingin menurunkan berat badan. Jika Anda mudah tergoda untuk melanggar program, pasang foto anda yang GEMUK DAN JELEK di cermin hias di dalam kamar Anda, atau pasang di WALLPAPER komputer Anda. Hati-hati dengan jebakan makanan yang Anda pikir tidak berkalori, tidak berlemak dan ukurannya kecil – padahal justru berkalori tinggi, seperti makanan kering.

2. Kurang Minum Air Putih. Lemak yang sudah terbakar harus dibilas keluar dari dalam tubuh dengan air. Jika kurang minum air putih, sisa pembakaran lemak tidak dapat dikeluarkan, sehingga berat badan Anda lambat turunnya.

3. Terlalu Banyak Konsumsi Alkohol, gula, lemak dan garam. Akibatnya, terjadi retensi air di dalam tubuh Anda. Artinya, tubuh Anda akan menahan sejumlah air didalam tubuh Anda karena Anda terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan diatas.

4. Tidak Mengkonsumsi Shake 2x sehari. Lihat point no. 5 diatas.

Tidak ada komentar: